Detail News

15-03-2021 08:01:00
Kenapa Kaca Mobil Berkabut Ketika AC Tidak di Nyalakan..?


Untuk anda yang sering jalan – jalan naik mobil, atau yang memiliki kendaraan pribadi di rumah pasti pernah mengalami ketika dimana kaca mobil depan nampak berembun dan buram ketika kita mematikan AC mobil. Mengapa demikian dan bagaimanakah cara paling cepat untuk menghilangkannya?

Mobil kita sesungguhnya adalah sistem cuaca tersendiri. Di sana ada kita dan penumpang kita yang bernapas. Sehingga ada ‘pemanas ruangan’ dan pendingin ruangan. Kata ‘pemanas ruangan’ diberi kutipan yang berarti bukan pemanas ruangan dalam arti yang sesungguhnya tetapi pemanas yang dihasilkan oleh nafas kita sendiri dan penumpang lainnya yang juga berada di dalam mobil.

Manusia bernapas setiap detiknya. Nafas yang dikeluarkan dari hidung manusia mengandung CO2. Udara yang terbuang dari hidung tersebut akan menyebabkan dalam mobil yang tertutup menjadi penuh akan uap air yang dihasilkan dari CO2 / nafas. Dan uap air tersebut sebagian mengembun di kaca mobil yang bersuhu lebih dingin (terutama pada waktu hujan). Hal itulah yang membuat kaca menjadi berembut / berkabut.

Ketika keadaan dalam mobil kita lembab sekali dan kaca depan berkabut karena embun di sebelah dalam, nyalakan penyejuk ruangan, tidak peduli dinginnya hawa di luar. Setelah itu, tunggulah beberapa saat, kabut di kaca akan menghilang dengan sendirinya tanpa perlu bersusah payah membersihkannya dengan tangan atau towel.

Demikianlah penjelasan ilmiah sederhana mengenai alasan mengapa kaca mobil menjadi berembun / berkabut ketika AC tidak dinyalakan. Semoga menambah wawasan..

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash