Detail News

16-10-2020 08:01:00
Memperbaiki sistem Refrigeran


Adapun beberapa cara yang digunakan dalam memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sistem refrigeran, antara lain :

No

Jenis Kerusakan

Penanganan Masalah

1.        

Kebocoran pada evaporator.

Jika evaporator ini memiliki kebocoran kecil misal sebesar diameter rambut ataupun lebih kecil dapat ditangani dengan dilas dengan sangat hati-hati. Jika bocornya terlalu banyak dang agak besar lebih baik evaporatornya diganti dengan yang baru.

2.        

Terjadi kebocoran pada fiting sambungan antar pipa (niple).

Penanganannya adalah dengan cara memeriksa seal yang ada pada setiap niple. Jika dirasa sudah agak rusak sebaiknya seal ini diganti dengan yang baru dan sebelum seal yang baru dipasang sebaiknya seal ini dilumuri dengan pelumas refrigeran terlebih dahulu.

Jika masih terjadi kebocoran sebaiknya niple dicek secara mendetail lagi bila dianggap diperlukan sebaiknya niple tersebut dipotong dan dimodifikasi dengan mengganti menggunakan niple lain, setelah itu langsung dilas.

3.        

Terjadi kebocoran pada pipa sirkulasi refrigeran.

Penanganannya adalah dengan cara memotong pipa yang bocor tersebut, kemudian disambung kembali dengan menggunakan jenis yang sama kemudian dilas.

4.        

Terjadi penyumbatan pada Pipa Sirkulasi (buntu).

Beri pelumas refrigeran pada sirkulasinya, kemudian beri udara bertekanan tinggi,

5.        

Penyumbatan dan kebocoran pada pipa ekspansi.

Bersihkan dengan udara tekanan tinggi. Jiga tidak mau juga, ekspasi diganti dengan yang baru.

6.      

Kebocoran pada compressor (misal compressor untuk AC Mobil).

Penanganannya adalah dengan membuka seluruh bagian dari compressor ini kemudian memeriksa seal yang ada pada setiap blok sambungan. Jika dirasa sudah agak rusak sebaiknya seal ini diganti dengan yang baru dan sebelum seal yang baru dipasang sebaiknya seal ini dilumuri dengan pelumas refrigeran terlebih dahulu. Setelah semuanya pasang kembali sebaiknya seluruh baut-baut yang ada dipasang dengan sangat kencang dan seimbang, agar tidak terjadi kebocoran kembali.Selain itu seluruh Pentil-pentilnya di cek apakah ada yang rusak atau tidak.

7.        

compressor jalannya tersendak-sendak ataupun tidak jalan (khusus AC Mobil).

Penanganannya adalah dengan melihat bell yang menghubungkan antara compressor dengan putaran mesin. Jika dirasa kendor apalagi sampai putus, bell ini harus segera diganti dengan yang baru.

Kerusakan sisa juga terjadi pada bagian dalam compressor tersebut. Jika memungkinkan sebaiknya compressor tersebut dibuka dan diperbaiki bagian yang rusak tersebut. Kemudian diberi pelumas refrigeran.

 

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash