Detail News

26-04-2021 08:01:00
AC Mobil Mengeluarkan Bau Gosong..?


Pada saat sedang asyik menikmati perjalanan, tiba-tiba hembusan udara AC mobil mengeluarkan berbau tak sedap. Aromanya seperti hangus atau gosong, mirip komponen elektronik terbakar. Nah, kalau bau-bauan ini tersebut tak kunjung hilang, malah tajam, komponen yang  yang harus dicurigai adalah evaporator atau sarang tawon AC!

 Itulah tanda-tanda evaporator mulai bermasalah. Bisa karena usia atau karena jarang dibersihkan. Kotoran menutup evaporator. Tapi rata-rata karena usia. Jika tidak pernah ada masalah, biasanya umur evaporator sekitar 5 tahun.
 
Selain bau gosong yang menyengat, ciri-ciri lain. Hembusan udara tiba-tiba kurang dingin. Penyebabnya, saluran dari evaporator  bocor, menyebabkan freon habis. Lalu, muncul bunyi desis terus-menerus. Paling umum di belakang dasbor, tepat di depan penumpang depan.
 
Kalau semua gejala tersebut terjadi pada mobil Anda, periksa evaporator. Komponen ini berada  di balik dasbor. Komponen ini harus dibuka. Setelah terbuka dan evaporator dikeluarkan, dipastikan muncul ciri lain, yakni daerah sekitarnya terdapat cairan semacam minyak. Inilah tandanya evaporator bocor.
 
Untuk mengatasi masalah ini, evaporator harus ganti.
 
Tips untuk memperpanjang umurnya, dianjurkan tidak sering buka kaca mobil. Karena semakin sering dibuka, debu semakin banyak masuk ke kabin. Debu yang masuk diputar oleh aliran udara AC dan hinggap menetap si kisi-sisi evaporator.
 

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash