Detail News

03-09-2020 23:28:18
Permasalahan Condensor AC Mobil


Fungsi condensor pada ac mobil adalah untuk membuang panas yang dihasilkan oleh gas refrigerant yang dipompa oleh compressor ac dengan bantuan kipas pendingin yang biasanya dikenal dengan extra fan dan selain itu fungsi condensor adalah merubah wujud gas refrigerant menjadi cair sebelum di kabutkan oleh katup expansi.


Letak atau posisi condensor ac mobil secara umum berada didepan radiator tetapi ada juga yang diletakan terpisah dari radiator, yang tentu saja jika terletak terpisah dari radiator wajib menggunakan kipas tersendiri.

Masalah yang sering dterjadi pada condensor ac mobil adalah:
1. Kemampuan pendinginan kurang, hal ini biasanya terjadi karena kotoran dan debu jalanan yang menempel atau bekas deburan cat yang kemungkinan bisa saja terjadi.

2. Condensor ac bocor, biasanya terjadi karena masalah usia mobil, sampai mobil berumur lima tahun pun atau kilometer tempuh sampai 500 ribukilometer, belum tentu condensor akan keropos dan bocor, condensor bocor biasanya karena accident atau benturan dengan benda keras.

3. Letak dan Posisi condensor, Jika pendinginan condensor menggunakan satu kipas atau dua kipas tetapi kedua kipas tersebut posisinya berada dibelakang radiator seperti Blazer atau Avanza Xenia, Vios, maka jarak antara condensor dan radiator tidak boleh terlalu jauh dan terlalu dekat, tujuannya adalah agar pendinginan condensor maksimal. 

4. Condensor Ac tersumbat, condensor ac tersumbat biasa terjadi untuk kendaraan yang sudah berumur lama, biasanya sumbatan condensor ini berasal dari keausan compressor berupa kerak kehitaman yang bisa juga dilihat dari sighglass pada pipa ac tekanan tinggi.

 

 

Terimakasih telah mengunjungi Web kami..

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash