Detail News

14-09-2020 21:25:18
Kenali Gejala Compressor AC Mobil Bermasalah.


AC mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang amat penting khususnya di daerah panas seperti indonesia. Sehingga AC mobil harus dirawat supaya ruang kabin tetap dingin dan bersih dari kotoran dan debu. compressor merupakan salah satu komponen AC yang sangat vital dan sering bermasalah.

Karena tugas utama compressor adalah untuk menjaga tekanan aliran refrigerant ke seluruh unit AC tetap stabil, maka sedikit gangguan pada compressor akan berpengaruh pada suhu ruangan di dalam kendaraan anda.

Secara umum compressor mempunyai dua bagian utama, yaitu :

  • Saluran hisap ( suction channel )
  • Saluran buang ( discharge channel )

Saluran hisap berfungsi untuk menghisap refrigerant tekanan rendah ( low pressure ) dari evaporator dan kemudian dinaikkan tekanannya oleh compressor dan dialirkan ke kondensor.

Dengan demikian jika tekanan udara yang masuk dalam ruang kendaraan rendah, maka biasanya terdapat masalah pada compressor AC mobil anda, sehingga diperlukan pengecekan maupun penggantian compressor AC mobil anda.

Jika anda akan melakukan penggantian compressor AC mobil anda, maka anda dapat memilih berbagai merek yang beredar sesuai dengan kebutuhan anda, namun ada dua merek compressor untuk AC mobil yang bagus yaitu merek Sanden dan Denso. Sebelum compressor AC mengalami kerusakan atau bahkan terbakar, biasanya dirasakan gejala gejala awal yang dapat anda deteksi atau rasakan, seperti :

1. Terdengar suara kasar dan berisik saat AC dihidupkan. Suara kasar pada compressor AC ini biasanya disebabkan oleh piston aus, terdapat kebocoran oli ( berkurang ), dan bearing aus. Namun kadang juga dapat disebabkan oleh kurangnya freon.

2. Hembusan AC lemah. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada piston atau klep.

3. Kebocoran pada compressor mobil anda. Kebocoran sedikit saja akan berpengaruh pada kurangnya tekanan refrigerant pada saluran buang. Anda dapat cek pada bodi compressor AC mobil anda. Jika terdapat debu tebal atau tetesan oli maka sudah dapat dipastikan jika compressor AC mengalami kebocoran.

4. Magnetic clutch rusak, hal ini biasanya disebabkan oleh spul ( gulungan ) putus atau kemungkinan short ( terjadi konsleting ). Nyala AC yang sering tidak konstan atau kadang nyala kadang mati juga dapat mempercepat keausan magnetic clutch.

Pada kenyataannya saat AC dinyalakan berarti penambahan pemakaian bahan bakar, sehingga bagi sebagian orang sering melakukan on / off AC saat kendaraan sedang melaju. Atau ketika merasa kedinginan bahkan kepanasan memutar setelan temperature AC. Hal ini justru mempercepat kerusakan pada magnetic cluth karena sering putus nyambung.

Kalau on / off AC bertujuan untuk irit bahan bakar, lebih disarankan untuk hidup terus atau mati terus selama perjalanan. Sehingga kesimpulannya adalah sebaiknya AC hidup secara konstan selama dalam perjalanan.

Kerusakan AC mobil akan berakibat suhu udara dalam kabin meningkat dan hal ini tentu saja mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara. Untuk itu sebaiknya jangan biarkan masalah kerusakan AC mobil berlangsung lama. Disarankan segera bawa mobil anda ke ahli AC mobil.Sebagai informasi jika anda harus mengganti compressor AC kendaraan anda, maka harganya jutaan ( sekitar dua juta lebih ), sehingga anda harus menyiapkan dana minimal dua hingga tiga jutaan.

Service ac mobil anda secara berkala sehingga kemampuan ac mobil anda selalu terjaga. Komponen ac yang sering mengalami kerusakan adalah compressor terutama pada bearing dan magnetic clutch.

Harga compressor ac mobil antara 2 hingga 5 jutaan rupiah tergantung dari jenis dan merek compressor AC.

 

Sumber : distributorbanradial.com

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash