Detail News

30-08-2020 05:40:41
Agar Ac Mobil Tetapi Dingin


Akhir akhir ini suhu di Indonesia cukup panas, bahkan terkadang sampai dengan 36 derajad celcius. Bagi pengendara mobil AC merupakan komponen wajib yang harus tetap prima di dalam mobil. Alangkah tidak nyamannya dengan kondisi cuaca panas saat ini malah justru AC mobil kita malah mati. Bisa dipastikan perjalanan di siang hari akan menjadi sangat tidak nyaman.

Nah agar kondisi AC mobil kita tetap prima sehingga perjalanan kita tetap nyaman, ada beberapa perawatan dasar yang harus teratur dilakukan. Lakukan servis atau merawat AC secara berkala tiap 8 sampai dengan 12 bulan sekali. Biasanya apabila AC sudah saatnya diservis bisa di tengarai dengan suhu AC yang sudah mulai tidak dingin lagi. Ciri lainnya bisa dikenali dengan munculnya bau tidak sedap yang diakibatkan oleh kotoran di evaporator. Sehingga menyebabkan beban kerja sistem menjadi lebih berat.

Perbaikan
Apabila performa AC mulai menurun atau memang sudah terjadi kerusakan sebaiknya segera dilakukan perbaikan. Sebelum membongkarnya, alangkah baiknya periksa terlebih dahulu sistem sirkuit AC. Evaporator merupakan komponen utama yang harus dibersihkan karena memang seringkali kotor. Selain itu oli untuk kompressor AC juga harus ditambah. Komponen yang wajib dilakukan penggantian setiap servis AC adalah dryer karena komponen ini memiliki cara kerja yang sama dengan filter bensin. Selain itu juga wajib untuk menambah freon. Untuk membersihkan Evaporator biasanya memerlukan waktu selama 3 jam dengan catatan hanya pembersihan saja alias tidak ada perbaikan pada komponennya.

Dipanaskan
Apabila mobil tidak dipakai selama satu bulan, sebaiknya mesin mobil selalu rutin dihidupkan (dipanaskan) dan aktifkan AC. Tujuannya, agar tidak terjadi pengendapan oli di dalam compressor. Jika terjadi pengendapan oli pada compressor dan compressor dihidupkan maka akan terjadi gesekan yang menyebabkan kerusakan pada AC.

 

Sumber : Berikabar.Net

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash