Detail News

19-12-2020 08:31:00
SEJARAH AC


Writen by Admin jmbbengkelacmobil.com


Pembahasan tentang AC mobil, nampaknya tidak lengkap jika kita tidak mengetahui asal-usul dan sejarah perkembangan AC secara umum. Ide pendinginan udara pertama kali ditemukan oleh Dr. John Gorrie, seorang dokter di Apalachicola, Florida. I)alam praktik dokternya di tahun 1830, beliau membuat mesin pembuat es, kemudian meniupkan udara di atas kumpulan es sehingga dapat mendinginkan ruangan yang di dalamnya terdapat pasien malaria dan demarn kuning. Beliau berpendapat bahwa udara yang buruk menghasilkan berbgai penyakit, itulah sebabnya John Gorrie merancang satu alat khusus berupa mesin es untuk mendinginkan ruangan. Dr. John Gorric dikenal sebagai Bapak Pendingin.

Di tahun 1831, seorang insinyur kelautan mengkontruksi sehuah wadah mirip kotak yang dipenuhi dengan kain yang dihasahi dengan air es yang sedang mencair, ditambah dengan kipas yang membuang udara panas keluar dan ruangan tersebut. Metode mi berhasil menurunkan panas sampai suhu 20°F, namun rnembutuhkan setengah juta pound es dalam waktu 2 bulan.

Penemuan yang paling dekat dengan air conditioner modern pertama kali dibuat oleh seorang insin,ur Amerika bernama Willis Carrier. Mesin itu pertama kali diberi nama Apparatusfor TreatingAirdan dihuat untuk sebuah perusahaan percetakan Sackett-Wilhelms Lithographing and Publishing Co. di Brooklyn, New York. Alat ml dirancang inenggunakan koil pendingin untuk mendinginkan udara dan memperkecil kelembaban hingga 55%.

Tahun 1902 merupakan tahun kelahiran AC modern pertama kali. AC ml mampu niengatur kelembaban udara. Berkat peneniuannya ml, otoritas memberikan 4 persyaratan AC, yaitu:

1.    mampu mengatur temperatur.

2.    mampu mengatur kelembaban udara.

3.    mampu mengontrol sirkulasi dan ventilasi udara.

4.    mampu membersihkan udara.

Sejak saat itu, AC telah dipergunakan secara luas, misainva di perusahaan percetakan tekstil, farmasi, dan beberapa rumah sakit. Bahkan, AC buatan Carrier pun telah digunakan untuk rumah. Akan tetapi, AC buatan Carrier mi memiliki ukuran yang cukup besar, sangat mahal, dan juga berbahava karena rnenggunakan hahan ammonia sebagal coolant-nya. Sebagai perbaikan, di tahun 1922 carrier membuat dim terobosan, yaitu mengganti ammonia dengan diekne, dan menamhahkan sentral kompresor untuk mengurangi ukuran unit AC. Dengan perubahan-perubahan ml, AC buatan Carrier dapat diinstalasi di mana-mana. Berkat penemuannva ml, Willis Carrier dikenal sebagai Bapak Air conditoner Modern

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash