Detail News

28-09-2020 19:47:15
AC Mobil Tidak Dingin?.inilah masalahnya


AC Mobil Tidak Dingin - Salah satu persoalan yang kerap menjadi keluhan pemilik mobil adalah Air Conditioner/ AC yang tidak dingin meskipun volume AC telah disetel pada posisi maksimum dan setelah dicheck gas freonpun masih terisi penuh, tentu hal ini cukup membingungkan, karena kebanyakan penyebab AC tidak dingin adalah akibat gas freon yang habis.

Sebagai pemilik mobil sebaiknya juga membekali diri dengan Informasi otomotif mengenai penyebab Ac mobil menjadi tidak dingin, informasi tersebut bisa kita dapatkan dari bengkel otomotif baik itu dari media digital maupun non digital. Selain gas Freon yang habis penyebab lain yang paling banyak menjadi penyebab AC mobil tidak dingin adalah terdapat masalah pada komponen kompresor, Berikut ini adalah beberapa komponen pada kompresor yang rawan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin:

Pulley dan Pressure Plate

Pulley mempunyai fungsi untuk menyalurkan tekanan yang berasal dari pressure plate supaya menekan gas freon ke sistem AC, sesaat setelah mesin mobil diaktifkan. Bila pulley dan plate pressure ini mengalamai keausan, maka tekanan yang mengarah ke kompresor untuk memompa gas freon menjadi tidak maksimal. Akibatnya yang terjadi adalah, AC mobil menjadi tidak dingin. Selain itu juga muncul suara berisik saat perangkat tersebut diaktifkan, hal tersebut terjadi akibat adanya gesekan antara pulley dan pressure plate, karena posisinya yang tidak pas.

Sekring Listrik

Apabila sekring putus, maka arus listrik ke compressor tidak akan mengalir. Akibatnya gas freon tidak akan bisa menyembur dan AC menjadi tidak dingin. Oleh karena itu apabila Ac mobil tidak dingin, jangan hanya terpaku pada pengertian bahwa hal tersebut karena gas Freon habis atau karena Komponen AC-nya bermasalah, ada baiknya periksa terlebih dahulu sekring listriknya.

Seal atau ‘O’ ring

Komponen Seal atau ‘O’ ring bentuknya seperti karet gelang yang membentuk huruf ”O”. Fungsi Seal atau ‘O’ ring adalah untuk merekatkan sambungan antarbagian AC, supaya tekanan udara tidak mengalami kebocoran. Seal atau ‘O’ ring rentan rusak karena faktor usia. Oleh karena itu apabila anda memperbaiki AC, penggantian Seal atau ‘O’ ring harus diprioritaskan.

Kipas kondensor

komponen Kipas condensor bertugas untuk mengalirkan udara supaya condensor memiliki kemampuan untuk mendinginkan refrigerant ( zat dingin) yang panas. dibeberapa mobil, kipas condensor ini dipasang menyatu dengan kipas pendingin mesin. Masalah yang seringkali terjadi adalah putaran kipas melemah. Selain karena faktor usia, kotoran juga bisa mempengaruhi system kelistrikan.

Saringan atau dryer

fungsi Saringan adalah untuk menyaring berbagai kotoran, baik kotoran yang berasal dari luar saat kaca mobil dibuka atau kotoran yang berasal dari komponen lain pada sistem internal AC. Yang pasti, kotoran inilah yang menjadi penyebab beberapa komponen menjadi kotor dan tersumbat.

Katup ekspansi

Fungsi Katup adalah untuk membuka dan menutup semburan yang berasal dari tekanan gas Freon, yang kemudian oleh sistem AC akan diubah menjadi udara dingin. Jika piranti tersebut kotor atau tersumbat, maka gas Freon tidak akan tersembur maksimal akibatnya AC pun menjadi tdiak dingin. Apabila bagian tersebut bermasalah sebaiknya AC jangan diaktifkan selain berpotensi untuk merusak komponen hal ini juga bisa mengakibatkan beban mesin mobil menjadi bertambah dan konsumsi bahan bakar menjadi boros, akibatnya AC mobil menjadi jebol.

Oli kompresor berkurang atau habis

Jika oli pada compressor berkurang atau habis, kinerja untuk system AC pun menjadi terhambat. Sehingga kinerja dari compressor pun mnejadi terganggu dan Ac pun menjadi tidak dingin.

 

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash