Detail News

28-10-2020 08:00:00
4 Tanda Compressor AC Mobil Bermasalah


AC Mobil bila timbul ketidakwajaran pasti bisa diyakini kinerja AC-nya perfomanya menurun. Ini bisa terjadi apabila faktor usia atau kurangnya perawatan. Masalah AC yang trouble biang keladinya biasanya pada Compressor AC. Diawali dengan gejala ringan dan ada suara aneh, pada rpm rendah hembusan anginnya mengeluarkan udara panas, jadi dari gejala-gejala itu bisa dipastikan awal rusaknya Compressor. Gejala yang mengindikasikan Compressor AC menjadi rusak dan bermasalah akan kami ringkas dalam artikel berikut ini beserta Tanda-tanda Compressor AC Mobil bermasalah :

  1. Timbul Suara atau Bunyi Aneh, tanda-tandanya: disaat kita menggeser atau menekan tombol AC pada posisi 1 – 2 – 3 (mesin pendingin AC mulai berjalan), bunyi kedengaran agak kasar, semacam suara berderik ada semacam gesekan. Lalu kita kembalikan tombol pada keadaan AC OFF, suara tidak terdengar di balik kap dan tidak suara apa-apa. Itu disebabkan karena, bisa jadi oli Compressor kurang/habis, piston menjadi aus, pada trush bearing sudah longgar, sampai AS kurang presisi.
  2. Tekanan Kompresi Minim, tanda-tandanya: bila angkatan awal hembusan udara AC tidak begitu dingin bila mesin berada di rpm rendah. Kemudiaan saat Anda injak pedal Gas dan mobil sudah mulai jalan pada kecepatan tertentu, hembusan angin seketika berubah dan suhu AC jadi tambah dingin.
  3. Kebocoran, ciri-cirinya: Hembusan pada AC sudah mulai tidak dingin, ini bisa terjadi akibat kebocoran. Seandainya besar kebocorannya, freon AC jadi makin cepat habis. Tentunya berpengaruh pada kondisi kabin mobil yang udara AC-nya jadi semakin tidak dingin. Sebenarnya bila terjadi kebocoran pada AC tidak langsung ekstrem langsung habis, perlu satu hingga enam minggu sampai betul-betul habis total.
  4. Magnetic clutch, tanda-tandanya: Bila mobil sedang dalam keadaan jalan yang traffic-nya padat biasanya pada jam kerja, mobil kita terjebak di kemacetan, lalu udara AC dalam kabin mobil yang awalnya dingin mendadak AC tidak dingin sama sekali. Kemudian AC dimatiin kita beri jeda waktu, kinerja AC kembali normal, dan biasanya diiringi RPM mesin tinggi, di atas angka 1 (1.000 rpm).


Dari keempat tanda-tanda diatas sudah dipastikan Compressor AC Mobil sudah mulai rusak, ini bila kita biarkan kerusakan dapat menular ke komponen AC yang lainnya. Sebaiknya segera cek ke bengkel AC mobil. Jika ini kita abaikan, kerusakan AC bisa makin parah lagi. Karena,… biasanya kerusakan akan merembet ke komponen lain.

 

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash