Detail News

19-03-2020 13:01:29
Menangani Bau pada AC mobil Secara Sederhana


Memiliki mobil yang tersedia Ac-nya memang memberikan kenyamanan tersendiri. Apalagi jika Anda tinggal di perkotaan yang sering kali mengalami kemacetan di tengah panasnya cuaca.

Tak hanya menjadi solusi ketika cuaca panas, AC pun menjadi solusi ketika kaca depan mobil Anda berembun saat hujan.

Ada kalanya AC menjadi teman, namun, jika tak terawat dengan baik, AC justru bisa menjadi musuh yang menakutkan. Jika AC mobil Anda tiba-tiba mengeluarkan bau tak sedap, alih-alih mendapatkan kenyamanan, justru Anda akan jadi pusing dibuatnya. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan AC menjadi bau, di antaranya adalah debu atau kotoran yang terhisap oleh saluran hisap AC yang apabila dibiarkan menumpuk terlalu lama akan menimbulkan jamur.

Namun, bila belum terlalu parah, kita dapat menghilangkannya dengan cara alami, yakni menjemur mobil di terik sinar matahari dengan kondisi jendela terbuka. Namun di tengah musim hujan seperti sekarang ini, momen seperti itu susah didapat bukan?

 Berikut adalah penyebab yang membuat AC menjadi kurang sedap dihirup. Di antaranya adalah:

  1. Kabin yang kotor dan berdebu menjadi salah satu penyebab AC menjadi bau. Terlebih jika Anda merupakan tipikal pengemudi yang jorok, hingga sering tercecer sisa-sisa makanan atau kurang memperhatikan bangkai binatang seperti kecoa dan cicak. Mulailah secara rutin rajin membersihkan kabin, terutama dari sisa-sisa makanan dan minuman usai menempuh perjalanan jauh.
  2. Komponen Evaporator yang kotor dan berlendir juga dapat menyebabkan bau yang kurang sedap muncul ketika Anda menyalakan AC mobil. Evaporator yang kotor tersebut biasanya disebabkan karena ada kotoran dan debu yang terhisap ketika siklus pendinginan terjadi dan menempel pada Evaporator.
  3. Bocornya komponen Evaporator juga dapat menjadi salah satu penyebab AC mobil menjadi bau. Hanya saja bau yang keluar adalah bau freon, dan ketajaman bau tersebut tergantung dengan seberapa parah kebocoran yang terjadi pada Evaporator.

Untuk mencegah hal-hal tersebut, kita disarankan untuk menggunakan filter kabin untuk melindungi Evaporator dari debu dan binatang kecil. Pemasangan filter kabin ini terbukti efektif dalam menjaga kebersihan siklus pendinginan pada AC mobil. Yang harus diingat adalah filter kabin perlu dibersihkan secara berkala dan diganti jika masa pakainya telah habis.

Ada hal lain yang dapat Ada lakukan adalah mencegah pengemudi atau awak kabin merokok ketika AC sedang dinyalakan. Membuka kaca mobil saat perjalanan juga dapat membuat kabin menjadi cepat kotor.

Hal lainnya adalah masalah pemilihan parfum untuk mobil Anda. Parfum dengan kualitas yang buruk dan dengan kadar alkohol yang tinggi juga dapat menyebabkan AC mobil berbau asam. Atas dasar itulah selalu gunakan parfum yang dibuat khusus untuk mobil sehingga aman bagi AC mobil Anda.

Namun ada cara yang lebih mudah yang dapat Anda lakukan ketika mendapati AC bau saat perjalanan. Yakni, pergi ke alam terbuka yang sejuk seperti pegunungan, lalu buka semua pintu dan kaca mobil, kemudian nyalakan AC dengan maksimal untuk mengganti sirkulasi udara dalam kabin.

  

 
 
 
AC Mobil Anda bermasalah, segera hubungi kami
JMB/Jaya Mandiri Barokah Jl. Sukaraja 1, No. 1, samping Tol Pasteur Bandung, Jawa-Barat
 
: 022-6123800
: 082211111688
Web : www.jmbbengkelacmobil.com

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash