Detail News

18-03-2020 11:26:52
Sistem Kerja Compressor AC Mobil


Compressor seperti jantung didalam tubuh mahluk hidup. Berfungsi  memompa refrigerant  keseluruh bagian sistim pendingin AC mobil. Compressor yang sedang berputar sangat panas, suhu bisa mencapai 80 derajat celcius. Tetapi bila suhu Compressor terlalu panas berarti ada komponen didalamnya mengalami kerusakan. Apabila dibiarkan akan mengalami kerusakan yang semakin parah. Biasanya para teknisi menyebutnya Compressor jebol. 
Compressor yang sudah jebol sudah tidak bisa menyalurkan refrigerant dengan sempurna.
Tekanan itu dibutuhkan untuk memberi tekanan pada selang kecil (biasanya disebut dengan selang ½  ) selang ½ akan menuju ke Condensor. Selang ½ sangat panas, karena berasal dari Compressor.
Selain selang ½ , Compressor juga dihubungkan dengan selang besar (biasanya disebut dengan selang 5/8). Selang 5/8 berasal dari Evaporator, makanya selang 5/8 sangat dingin dan bisa berembun.
 
Pada saat anda menghidupkan AC, maka switch AC akan mengalirkan listrik kemagnet yang berada didepan Compressor. Magnet akan menarik Centerpiece dengan pully Compressor. Center piece menghubungkan dengan bagian dalam Compressor sedangkan pully menghubungkan dengan fan belt mesin. Pada saat center piece berputar maka as yang berada didalamnya akan mengerakkan pully – pully yang berjumlah 5 buah atau lebih . Pully - pully akan menarik dan  menekan refrigerant, sehingga refrigerant akan  mengalir di sistem AC mobil. Untuk melakukan hal itu piston dilengkapi oleh karet seal sehingga menjaga tekanan diblok piston itu sendiri.
Karena piston bergerak terus menerus dengan cepat sesuai dengan putaran mesin maka dibutuhkan oli untuk mencegah Compressor overhating. Apabila tidak maka piston akan rusak dan seal karet akan koyak. Compressor akan mengeluarkan suara berisik yang biasa disebut suara ngorok.
Suara ngorok dapat dihilangkan bila  tidak terlalu parah, misalnya menganti seal – seal yang sudah usang atau menganti kelereng (pelor). Apabila blok piston sudah termakan maka anda harus menganti semuanya dengan yang baru.

 

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash