Detail News

06-05-2021 08:02:00
Peranan Extra Fan..


Extra fan adalah komponen ac mobil berupa fan tambahan pada sistem pendingin mesin dan atau ac mobil berupa motor listrik dan di gerakan oleh tegangan listrik.Extra fan pada ac mobil berfungsi untuk membantu pendinginan condensor saat ac mobil bekerja, agar proses kondensasi di dalam condensor bekerja dengan baik.


Bekerjanya motor extra fan bersamaan dengan hidup ac mobil atau berdasarkan temperatur air radiator.Dimana untuk extra fan yang bekerja berdasar temperatur air radiator, terdapat sensor untuk mengatur bekerjanya extra fan yang tertanam di radiator.

Untuk mengetahui dengan mudah apakah kendaraan menggunakan extra fan atau tidak adalah dengan melihat kipas yang ada di sekitar radiator.Kalau hanya terdapat satu kipas atau satu fan artinya kendaraan tidak menggunakan kipas yang di sebut extra fan.

Beberapa type serta posisi penempatan extra fan.
Sesuai dengan fungsinya untuk membantu pendinginan condensor ac mobil,terdapat beberapa penempatan posisi extra fan sesuai kebutuhan pendinginan condensor.

  1. Extra fan berada di depan condensor ac mobil dan meniupkan angin dingin ke arah condensor dari arah depan.
  2. Posisi Ektra fan berada di belakang condensor dan radiator secara berdampingan untuk bersama-sama membuang panas condensor dan radiator.
  3. Untuk ac mobil yang menggunakan lebih dari satu condensor maka extra fan berada di masing-masing condensor.
  4. Motor cooling fan yang sekaligus berfungsi sebagai extra fan,merupakan satu motor cooling fan dengan dua kecepatan, pada low speed bekerja saat ac hidup dan pada high speed saat temperatur kerja mesin dan saat high pressure switch ac bekerja.
  5. Motor cooling fan sekaligus mengambil alih fungsi sebagai extra fan tanpa perbedaan kecepatan baik saat ac mobil hidup atau saat temperatur kerja mesin tercapai.

 

Sumber : ac-elektrik.com

  

TELP / WA : 0822 11111 688
 
 

 
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash
  • Splash